EXPLORE ACCOUNTING 2023

 

"Kuatkan Karakter, Kenali Potensi, dan Raih Prestasi Bersama Akuntansi"


Himpunan Mahasiswa Akuntansi –– Kegiatan tahunan Masa Ta'aruf (MATAF) Universitas Muhammadiyah Gresik tahun ini diselenggarakan secara offline selama tiga hari pada tanggal 15 - 17 September 2023. Explore Jurusan merupakan salah satu agenda dari kegiatan tahunan MATAF yang dilangsukan pada hari kedua 16 September 2023.

Kegiatan Explore Jurusan ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru prodi Akuntansi yang bertempat di ruang D3.16, selain Mahasiswa Baru kegiatan ini juga diikuti oleh Kaprodi Akuntansi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Panitia dan juga Ketua umum HMA. Kegiatan Explore ini diawali dengan pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan Explore tahun 2023 dilanjutkan oleh Ketua Umum HMA selanjutnya disampaikan oleh Dekan FEB yakni Bapak Tumirin, S.E., M.Si dan dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Akuntansi yakni Ibu Dr. Umaimah, S.E., M.Ak., CSRS. Setelah acara sambutan dilanjutkan dengan materi tentang pengenalan organisasi Himpunan Mahasiswa Akuntansi, pengenalan dosen Prodi Akuntansi dan yang terakhir yakni materi tentang fasilitas yang ada di Prodi Akuntansi.

Pada kegiatan Explore Jurusan kali ini Prodi Akuntansi mengangkat tema "Kuatkan Karakter, Kenali Potensi, dan Raih Prestasi Bersama Akuntansi". Menurut, Mela selaku ketua pelaksana, arti dari kuatkan karakter itu didalam akuntansi tidak hanya harus pandai dalam berhitung tapi dalam akuntansi kita juga harus memiliki karakter disiplin, jujur, teliti sehingga yang nantinya dari salah satu karakter tersebut kita dapat mengenali potensi yang kita punya dan dari potensi tersebut kita dapat menerapkan dan mengembangkannya di dalam akuntansi sehingga potensi yang kita punya dapat menjadi prestasi bagi kita. 

Kegiatan Explore ini memiliki tujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang Program Studi Akuntansi mulai dari Dosen Akuntansi, pengenalan lingkungan kampus untuk Mahasiswa Baru belajar, mengetahui prospek kerja di dunia Akuntansi, meningkatkan dan memperluas wawasan mahasiswa di dunia kerja dan juga pengenalan tentang organisasi Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA). Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, respon dari para peserta dan panitia menyambut acara ini dengan penuh semangat.

Hasil dari kegiatan Explore ini yaitu Mahasiswa Baru mengetahui bagaiman organisasi yang ada di jurusan Akuntansi juga mengenalkan struktur organisasi yang ada di HMA beserta dan tugas -  tugas yang ada didalamnya, kegiatan ini juga berguna untuk mempererat tali silaturahmi antar Mahasiswa Baru dan pengurus HMA, diharapkan bagi mahasiswa baru dapat berkontribusi di dalam HMA pada periode tahun selanjutnya. 

Kami juga sempat mewawancarai beberapa Mahasiswa Baru tentang kesan dan pesan setelah mengikuti kegiatan Explore Jurusan Akuntansi 2023. Menurut Muhammad Rizal Sulthoni "Merasa antusias karena mendapatkan informasi tentang dosen, prospek kerja akuntansi dan juga struktural dari HMA". dan menurut Syafa'atun Nur Saidah "Materi yang disampaikan sangat bermanfaat mengenai akuntansi". Demikian kesan dan pesan yang disampaikan oleh peserta Explore Akuntansi.


Komentar