DIKLAT OMAHKU 2022 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

 

 “Satukan Keragaman, Gengam Harapan Dengan Satu Tujuan”


Himpunan Mahasiswa Akuntansi — Pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) merupakan suatu kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh mahasiswa baru jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gresik. Diklat ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 25-27 November 2022, bertempat di Villa Griya CMA, Pacet dengan mengusung tema, “Satukan Keragaman, Gengam Harapan Dengan Satu Tujuan”. Dengan tema ini diharapkan mahasiswa akuntansi dapat menyatukan perbedaan-perbedaan yang dimiliki dengan memegang harapan untuk menggapai satu tujuan bersama.

            Tujuan diselenggarakannya kegiatan diklat ini adalah untuk mengenalkan lingkungan akuntansi secara umum kepada para mahasiswa baru, yang kedua untuk mengenalkan pentingnya mengikuti organisasi dengan berbagai manfaat yang didapatkan, sekaligus dapat mengenalkan himpunan yang ada di jurusan akuntansi yaitu (HMA). Yang ketiga untuk memberikan wawasan dan keterampilan dasar untuk mengikuti proses belajar mengajar dalam kegiatan kuliah yang akan datang.

            Acara seperti ini sering ditakuti karena tingginya angka senioritas yang dilakukan pada mahasiswa baru di berbagai Universitas. Namun, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gresik berhasil mengemas acara tersebut dengan sangat menarik, agar mahasiswa baru merasa nyaman dan mudah membaur dengan kakak kakak tingkat. Namun, kami juga memiliki peraturan peraturan yang harus ditaati baik oleh mahasiswa maupun panitia. Barang siapa yang melanggar peraturan tersebut akan dilakukan pengurangan poin.

            Selain menerapkan kedisiplinan dengan cara menaati peraturan peraturan, kami juga mengajarkan arti sederhana dimana peserta maupun panitia diklat melakukan makan bersama dengan lauk pauk seadanya serta transportasi yang kami gunakan untuk menuju tempat tersebut yakni Truk TNI. Selain itu, dengan adanya acara Diklat kali ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian antar teman.

 

            Banyak materi yang kami berikan kepada teman teman mahasiswa baru yang pastinya, materi tersebut dipaparkan oleh orang yang kompeten di bidangnya. Selain materi, kami juga mengadakan games yang berguna untuk melatih kekompakan antar tim.

            Acara tersebut diakhiri dengan penutupan serta pengukuhan yang dilakukan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Akuntansi, dimana teman teman mahasiswa tersebut sudah sah menjadi bagian keluarga akuntansi. Tak lupa kami selaku panitia juga meminta maaf kepada peserta diklat apabila ada ucapan yang kurang berkenan di hati mereka. Pastinya kita juga melakukan foto bersama sebagai kenang kenangan.

Komentar