ACCOUNTING SKILL COMPETITION 2023 HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI (HMA)


 “Improve Your Accounting Skill To Be a Young Competent Accountant



Himpunan Mahasiswa Akuntansi Accounting Skill Competition (ASC) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Universitas Muhammadiyah Gresik, yang bertemakan “Improve Your Accounting Skill To Be a Young Competent Accountant”.  Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi akuntansi yang diadakan untuk siswa - siswi MA/SMA/SMK se- Jawa Timur. Accounting Skill Competition dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2023. Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.30 – 08.00 untuk registrasi peserta. Kemudian dilanjut dengan penyambutan HMA Tari, dan acara pembukaan oleh MC. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah, dan sambutan-sambutan.

            Sambutan yang pertama disampaikan oleh Nikmatul Lizza selaku ketua pelaksana acara ASC. Sambutan yang kedua disampaikan oleh mas Syefri Wirayudha selaku Ketua Umum HMA. Sambutan yng ketiga disampaikan oleh Bapak Muhammad Aufa, S.E.,M.S.A.  selaku Kaprodi Akuntansi UMG. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Bapak Tumirin selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG.

            Perlombaan dimulai pukul 09.00 WIB- selesai. Kegiatan ASC diikuti oleh 21 tim, satu tim terdiri dari 2 peserta. Pada perlombaan ini,  dibagi menjadi 3 babak yaitu babak eliminasi, babak semi final, dan babak final. Pembagian ruangan eliminasi dimulai pukul 09.05 WIB. Peserta diarahkan menuju ruangan masing-masing yang telah ditentukan untuk mengerjakan soal di babak eliminasi. Setelah babak eliminasi selesai, peserta akan diarahkan kembali ke hall untuk menunggu pengumuman siapa yang akan lolos menuju babak semi final. Pengumuman babak eliminasi dibacakan oleh MC pada pukul 10.50.

            Kemudian, pada pukul 11.05 babak semi final dimulai. Pada babak semi final ini, teknis pelaksanaannya sama dengan cerdas cermat, yaitu mengandalkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Soal dan bobot soal, di pilih acak oleh juri, dan dibacakan oleh MC. Setiap tim akan berebut poin dengan mengangkat bendera, tim yang cepat mengangkat benderanya, tim tersebut dipersilahkan menjawab. Setelah babak semi final selesai, perserta diarahkan untuk ishoma terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan pengumuman hasil dari babak semi final dan tim yang akan lolos menuju babak final. Pada babak final, akan diberikan soal kasus yang nanti nya akan dipresentasikan di depan juri. Teknis pelaksanaan pada babak final ini ialah para peserta mengerjakan soal kasus. Kemudian peserta mempresentasikan jawaban mereka, lalu para juri akan memberikan pertanyaan seputar apa yang telah dipresentasikan. Setelah babak final selesai, dilanjutkan dengan acara ice breaking dan penampilan dari HMA akustik. Di penghujung acara, MC membacakan para pemenang dan membagikan hadiah. Kemudian penutupan sekaligus pembagaian sertifikat kepada para peserta yang telah mengikuti ASC 2023.

            Terimakasih kepada peserta yang ikut berpartisipasi di acara Accounting Skill Competition ini semoga ilmu dan pengalaman yang didapat bisa berguna dimasa mendatang, dan kepada seluruh panitia yang terlibat terimakasih atas kerjasamanya untuk mensukseskan acara ini.








Komentar